Tuesday, November 25, 2008

Kontraktor Pekerjaan Jalan Trans Sulawesi Terancam Didenda

(Berita Daerah - Sulawesi) - Kontraktor pekerjaan jalan di jalur trans Sulawesi, khususnya jalan poros Kota Mamuju menuju Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sepanjang 10 kilometer terancam didenda jika tidak menyelesaikan proyek itu dengan tepat waktu.

Kepala Satuan Kerja Pengawasan Jalan dan Jembatan Provinsi Sulbar, M. Jafar, di Mamuju, Selasa, mengatakan, jika kontraktor tidak menyelesaikan pekerjaan proyek jalan tersebut hingga akhir Desember 2008, akan didenda sebesar lima persen dari total anggaran proyek itu.

"Uang jaminan kontraktor juga akan disita dan akan digunakan oleh pemerintah untuk menyelesaikan pekerjaan proyek tersebut," ujarnya

Ia mengatakan, kontraktor pekerjaan jalan di jalur trans Sulawesi tersebut, baru merampungkan pekerjaannya yakni pelebaran jalan dari 4,5 meter menjadi tujuh meter.

Sehingga, kata dia, pekerjaan jalan yang menggunakan anggaran APBN tahun 2008 sebesar Rp20 miliar itu belum sepenuhnya rampung 100 persen.

"Pekerjaan jalan itu masih akan diperlebar sekitar empat meter dari tujuh meter yang telah dikerjakan kontraktornya hingga lebar secara keseluruhan sekitar 11 meter sesuai surat perintah kerja proyek tersebut," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan memberikan peringatan kepada kontraktor pekerjaan jalan tersebut yakni PT Bumi Karsa untuk segera menyelesaikan pekerjaannya sesuai waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Mengenai kualitas pekerjaan jalan tersebut, Jafar, belum menilai hasil pekerjaan kontraktor jalan di jalur trans Sulawesi tersebut karena pihaknya masih memberikan kesempatan kontraktor untuk mengerjakan sesuai bestek.

"Nanti, setelah proyek ini rampung, baru kami evaluasi," ujarnya

Sementara itu, aktivis Lembaga Kajian dan Isu Strategis Manakarra (Laksim), Bakri menilai, pekerjaan jalan di jalur trans Sulawesi tersebut dikerjakan asal jadi, karena sebagian badan jalan yang dikerjakan telah rusak dan bergelombang karena aspalnya sangat tipis.

Ref : Sulawesi

No comments: