Tuesday, November 25, 2008

Harga Telur Ayam di Palembang Turun

(Berita Daerah - Sumatra) - Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional Palembang, dalam dua hari terakhir hingga Rabu pagi turun dari Rp12 ribu menjadi hanya Rp10.500 per kg, karena pasokan dari daerah sentra produksi cukup banyak.

Menurut pedagang, turunnya harga tersebut karena pasokan dari sejumlah daerah penghasil melalui pengusaha peternak ayam petelur di daerah ini cukup banyak dan lancar, sedangkan permintaan konsumen stabil.

Salah satu pemilik toko penyalur bahan pokok di Pasar 7 Ulu mengatakan, harga tersebut dalam sepekan ini diperkirakan masih akan mengalami penurunan, namun mulai awal Desember diprediksi akan naik karena memasuki Idul Adha.

Biasanya beberapa hari menjelang hari besar keagamaan, harga telur ayam ras akan naik, karena jumlah permintaan konsumen meningkat. Dalam dua hari terakhir permintaan telur ayam menurun, namun awal Desember nanti diperkirakan terjadi peningkatan jumlah permintaan karena menjelang perayaan Idul Adha.

Sementara harga daging ayam potong justru sebaliknya terjadi kenaikan karena jumlah pasokan ke pasaran berkurang, sedangkan permintaan konsumen stabil.

Salah seorang pedagang mengatakan, harga daging ayam potong sekarang tercatat Rp22 ribu per kg naik dibanding pekan lalu Rp20 ribu per kg. Harga daging ayam di pasaran dalam sebulan terakhir ini, menurut Ardhi, pedagang setempat, tampaknya harga belum stabil atau selalu berfluktuasi tergantung jumlah pasokan dan permintaan.

Ref : Sumatra

No comments: