Tuesday, November 25, 2008

Disnak Bali Bantu 100 Bibit Sapi Betina

(Berita Daerah - Bali) - Dinas Peternakan Provinsi Bali membantu 100 ekor bibit sapi betina sebagai upaya meningkatkan populasi, mengingat sapi Bali sangat laris sebagai matadagangan antarpulau.

"Bibit sapi induk yang diserahkan kepada tiga kelompok di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, mendapat dukungan APBD Bali 2008," kata Kepala Dinas Peternakan Propinsi Bali, Ida Bagus Ketut Alit di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan bibit sapi betina tersebut masih akan dilanjutkan dalam tahun 2009 sebanyak 80 ekor kepada kelompok lainnya di luar Kabupaten Klungkung.

Pengadaan bibit sapi tersebut mendapat dukungan APBD Bali yang sebanyak 40 ekor dan pemerintah pusat juga 40 ekor.

"Dinas Kesejahteraan Sosial juga ikut membantu pengadaan bibit sapi yang diberikan kepada keluarga miskin sebagai modal kerja," ujar Ida Bagus Alit.

Keterpaduan antar instansi tersebut diharapkan dapat memacu pembangunan sektor peternakan khususnya sapi, yang sanggup meningkatkan pendapatan masyarakat, karena prospeknya yang cukup bagus.

Bagus Alit menjelaskan, sapi Bali tercatat satu-satunya sumber plasmanutfah yang tidak ada saingannya, baik untuk pengembangan bibit maupun sapi potong.

Kualitas sapi Bali sangat unggul dibanding dengan sapi-sapi lainnya di Tanah Air, sehingga menjadi rebutan para pengusaha untuk dapat membeli sapi tersebut.

Selain itu memiliki kekhasan, dagingnya rasa gurih dan empuk, mutunya sanggup bersaing dengan daging impor yang selama ini didatangkan oleh kalangan restoran dan hotel berbintang.

Untuk itu Bali sengaja membatasi perdagangan sapi, baik untuk antarpulau maupun pemotongan bagi konsumsi masyarakat setempat serta keperluan hotel dan restoran.

"Jatah untuk tahun 2008 sebanyak 75.000 ekor, hingga kini sudah terealisasi 72.983 000 ekor, dan sisanya akan terbagi habis hingga akhir tahun," ujar Bagus Alit.

Ref : Bali Nusa Tenggara

No comments: